Bekam Untuk Periarthritis Bahu

Periarthritis bahu disebut juga ‘kaku pundak’ atau ‘bahu usia 50 tahun.’ Pada penyakit ini penderita akan merasakan sakit pada bahu dan gerakan sendinya menjadi terbatas. Dalam pengobatan modern penyakit ini termasuk dalam penyakit kronis yang disebabkan oleh cedera dan kemunduran fungsi kapsul sendi bahu serta jaringan lunak di sekitarnya. Dalam kedokteran tradisional China penyakit ini masuk dalam kategori bi syndrome dan seringkali terjadi pada usia pertengahan.

Bi syndrome adalah kelainan yang dihasilkan oleh adanya penyumbatan saluran, melambatnya peredaran qi dan darah setelah masuknya pathogen angin, dingin, lembab atau panas, yang ditandai oleh nyeri; otot-otot, tendon dan persendian menjadi mati rasa dan berat; atau pembengkakan, panas dan terbatasnya pergerakan sendi. Selain periarthritis bahu, yang tergolong dalam bi syndrome di antaranya adalah rheumatic arthritis, rheumatoid arthritis, osteoarthritis, dan sebagainya.

Titik bekam : Ashi Point, Jianyu (LI15), Jianzhen (SI9), Tianzhong (SI11).

Bekamlah pada titik-titik tersebut dengan metode menarik api. Diperlukan penghisapan yang kuat untuk menghasilkan efek yang baik. Tinggalkan kop selama 10 – 15 menit, dan lakukan 1 kali sehari.

Titik-titik yang dipilih berfugsi membuang digin, membersihkan saluran, dan meredakan nyeri, menghilangkan lembab, serta menenangkan dan mengaktifkan tendon.

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: